Ajat Didik Budiansyah

Beranda » TEKNIK » TEKNIK ELEKTRONIKA » RANGKAIAN KENDALI MOTOR DC DENGAN PWM

RANGKAIAN KENDALI MOTOR DC DENGAN PWM

Facebook Like Box

Untuk mengendalikan motor DC bisa dengan mengatur Kuat Arus Listrik yang masuk ke Motor DC, atau juga bisa dengan Pengendalian PWM (Pulse Width Modulation).

Pengendalian Motor DC dengan PWM yaitu dengan mengatur Persentase Tegangan yang masuk ke Motor DC, misalkan 25%, 50%, 75% atau 100%. PWM 25% artinya 25% sinyal tinggi dan 75 % sinyal rendah, begitu seterusnya.

Semakin besar persentase maka Kecepatan dan Torsi Motor DC akan semakin besar, begitu pula sebaliknya semakin kecil persentase maka Kecepatan dan Torsi akan semakin kecil.

Contoh rangkaian PWM dapat dilihat pada gambar di bawah.

pwmGambar Rangkaian Motor DC dengan Pengendali PWM

*

Pada gambar di atas sinyal PWM tidak langsung dihubungkan ke Motor DC, tetapi dihubungkan ke kaki Basis pada transistor yang berfungsi sebagai Switch (Saklar) untuk menghubungkan dan memutuskan kuat arus listrik dari Supply ke Ground.

Besar kuat arus listrik dari sinyal PWM yang masuk ke kaki Basis Transistor dibatasi besarnya dengan dipasang Resistor (R3) yang berukuran dalam satuan kiloOhm (kOhm) agar besar kuat arus yang masuk ke Basis Transistor dalam satuan miliAmpere (mA).

Kemudian pada Motor DC dipasang Dioda (D3) secara paralel sebagai Pengaman arus balik yang terjadi pada saat kuat arus listrik yang melewati lilitan kumparan Motor DC berhenti mendadak, Arus balik ini akan mempengaruhi putaran Motor DC dan mengakibatkan panas. Tetapi dengan dipasang Dioda (D3) arus listrik yang timbul tadi tidak melewati Motor DC, tetapi akan lebih memilih melewati Dioda (D3) karena memiliki hambatan yang lebih kecil daripada lilitan kumparan Motor DC.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: